Selasa, 15 Maret 2016

Review chevrolet spin diesel 1300cc manual 5 speed turbo

Dear chevy lover kali ini newbie bikin tread agak berbeda dr biasanya,klo biasanya setiap tread selalu membahas soal blazer dan suv yg sekelas kali ini kita colling down dulu mereview produk chevy kelas MPV ,newbie tergerak nulis tread dan membahas spin karena sering nya papasan dengan mpv ini ,walau blm mampu menyaingi mobil jepun bertitel sejuta umat paling tidak mpv chevy satu ini paling sering ditemui dijalanan.

Chevrolet spin
Pertama kali diluncurkan 2013 dengan nama spin ( spirit of indonesia ) dinamakan demikian karena hampir 70% komponen yg dipakai buatan dalam negeri.
awal peluncuran spin memiliki 3 jenis varian yaitu spin LS dengan mesin bensin 1200cc matic 6 speed ,spin LT dan LTZ 1500cc ,bensin, matic 6speed dan spin diesel LTZ 1300cc turbo manual 5 speed.
Dr beberapa varian diatas yg unik dan menarik adalah yg bermesin diesel selain mesin ber cc kecil 1300cc  sudah di lengkapi turbo ( kami suka turbo **motomobi bgt ).walau ber cc kecil akselarasi dari mesin munggil ini dasyat pada putaran bawah sampai atas mantap terutama setelah turbo bekerja di putaran 2000 Rpm hentakan tenaga berlimpah  dan hal terdasyat lain nya adalah konsumsi bahan bakar 1liter solar dalam kondisi jalanan dalam kota kategori lancar / tol 1liter solar mampu menempuh 22km ..sementara dengan gaya menyetir brutal dengan asal2an injak gas semaunya konsumsi bahan bakar nya 1 liter 14km ( metode penghitungan full tank to full tank + average fuel consumtion meter gauge di speedometer )

DIESEL 1300cc TcDi 4 silinder 75dk
torsi maksimum 190nm @ 1750 - 3000 RPM
transmisi 5 kecepatan manual FWD




walau bermesin diesel suara yg dihasilkan saat mesin nyala nyaris sehening mesin bensin tidak terlalu berisik seperti mesin2 diesel konvensional,walau mesin ini mampu minum bio solar sebaiknya biasakan minum solar dengan kelas diatasnya, seperti pertadex dkk, konsumsi bbm yg  sudah hemat tentunya pembelian bbm walau pakai yg mahal pun tidak akan terlalu terasa di dompet...

untuk bagian interior tidak jauh berbeda dengan jenis spin lainnya berikut penampakannya





untuk mobil sekelas MPV dari sisi interior  jauh lebih mewah dari kompetitor nya yg bertitel mobil sejuta umat ,ac double blower,double airbag,imobilizer,digital gauge audio set,Dll dan material body yg jauh lebih kokoh dan no tipu2..pernah anda nyender di pintu mobil sekelas MPV sejuta umat yg saat anda bersandar di pintu  dan  body nya seperti terlipat kedalam dan berbunyi pletok pletok dan seperti roti empuk ? dan salesnya akan berdalih ini di desain sebagai crumple zone jadi saat terjadi benturan atau tabrakan getaran energi akan terserap oleh sisi crumple zone jd tipu2 seperti itu sudah jd tradisi di mobil2 jepun akan tetapi  di chevrolet spin anda tidak akan menemukan hal demikian kualitasnya jauh lebih baik dibanding kompetitor sekelasnya. chevrolet lebih mengutamakan kualitas keamanan dan kenyamanan, klo ada peribahasa kenyamanan dan hemat itu seperti air dan minyak tidak akan pernah bersatu weell peribahasa tersebut terpecahkan di chevrolet spin hematnya dapat,mewahnya dapat,nyaman nya dapat all in one.

 seperti obralan saya dengan konsultan produk chevrolet : - chevrolet tidak akan memanipulasi apapun mengenai produk yg dijual nya safety is priority,di chevrolet tidak ada bahasa sales atau marketing semua yg di front line penjualan bertitel sebagai produk konsultan ,
knp demikian ? saat ditanyakan ke salah satu produk konsulltan ,jawabannya :
-biarlah customer sendiri yg menilai dan melihat bagaimana produk chevrolet secara kualitas kami hanya menjelaskan spec mesin,harga,fitur2 dll tidak ada target penjualan yg di bebankan pd kami.

oke balik ke bahasan lainnya dari sisi harga saat pertama di luncurkan chevrolet spin diesel 1300cc di banderol dengan harga Rp 189.700.000 range harga yg sangat terjangkau untuk kualitas sebaik ini.
sementara untuk harga bekasnya dipasaran relatif stabil di kisaran harga Rp.160.000.000 untuk kondisi terbaik. ( harga bervariasi bergantung kondisi kendaraan dan lokasi )

sayang saat ini chevrolet spin sudah tidak lagi di produksi pasca pabrik perakitan spin di pondok ungu bekasi di tutup.kabarnya ini karena salah strategi pemasaran bukan karena hal lainnya, tapi janga kwatir pihak GMI ( general motor  indonesia ) akan terus menjamin keberadaan spare part jadi buat anda yg akan meminang chevy diesel ini dont worry spare part masih sangat berlimpah.
sebagai pengantinya bulan februari 2016 chevrolet meluncurkan chevrolet TRAX  dengan mesin bensin 1400cc turbo charger 6 airbag akan dibahas pd tread selanjutnya

trimakasih sudah membaca tread di blog ini.bookmark dan terus ikuti update selanjutnya trims







8 komentar:

  1. Sayang handling ga dibahas.
    Harga spare part gimana? Apakah susah seperti saudaranya tau lebih mudah?
    Update lagi om bro..
    www.indoblazer.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. spare part spin bensin dan diesel mulai banyak..
      baik fast moving dan slow moving..
      harga bersaing dan kualitas bagus..
      ikut club komunitas atau belanja online di FB banyak yang jual part

      thx

      Hapus
  2. Handling nyaman,di kecepatan tinggi stabil,sorry ga sempet bahas handling saking semangatnya abis testdrive spin diesel hahaha ada video nya cm g bs upload coz something

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak coba klo di tes tanjakan curam full loaded g mana pak? biar ane ga ragu milih ini

      Hapus
    2. Om HG nongol juga disini

      saya udah coba full loaded 7 orang tanjakan curam masih bisa mendaki tapi emang tenanganya agak ngempos sampai turbo kick in, tapi ngakalinnya bisa dengan membuang dpf dan mengganti dp, peningkatan performa putaran bawah/stop n go nya jauh lebih baik...

      Hapus
    3. Misi om, kalo dpf diganti dp ada efek samping gk ya.? Trus biasanya dibengkel apa itu gantinya. Maaf pemula om

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mohon info,kepanjangan dari dpf dan dp itu apa ya oom..
    Maaf ane newbie perihal mesin diesel.

    BalasHapus