Rabu, 20 Januari 2016

Mengenal gejala awal kerusakan pada blazer

Dear chevy lover,kali newbie bahas mengenali gejala2 awal kerusakan pada blazer baik pada mesin atau pun perangkat2 lain nya berikut dengan tindakan yg harus dilakukan

TS ( troubleshot ) : mesin tiba2 pincang asap buang knalpot pedih,bbm sangat boros,dan saat gas di tekan di rpm tinggi knalpot mengeluarkan asap hitam.
Solusi : cek selang pada bagian map sensor yg mengarah ke trothle body,selang vakum map sudah getas dan ada kebocoran ganti selang dengan mengunakan selang bensin motor dan ikat dengan braket.apabila masih blm normal maka kemungkinan besar map sensor bermasalah dan harus diganti,pada sebagian kasus jg ditemukan masalah pada soket map sensor.

Ts : Rpm mesin diatas 1000 rpm ( kondisi normal 900-1000rpm)
Solusi : lakukan pembersihan pada sensor iac biasanya tersumbat kotoran2,lakukan tune up secara berkala setiap 5rb -10rb km,bila tidak berhasil cek kondisi iac denan cara saat kontak on pegas iac dalam kondisi normal akan merespon memanjang,apabila sensor bekerja dengan baik akan tetapi mesin tetap di rpm yg tinggi cek sensor tps dan bukaan trothle biasanya pegas trothel bagian dalam bermasalah,apabila semua sudah dilakukan pengecekan dan berfungsi normal tapi tidak juga meredakan rpm mesin ,cek kabel sensor iac ukur mengunakan avo meter berapa tengangan arus yg dihasilkan apakah normal / kurang

Ts : mesin mati setiap injak kopling atau pedal rem saat mesin running
Solusi : lakukan pembersihan pd bagian speed sensor kotoran yg menumpuk mengangu kinerja speed sensor,bila tidak berhasil cek besaran arus di kabel yg terhubung dengan speed sensor apabila avometer menunjukan tengan berlebih,lakukan pengecekan pada ecu dan perangkat kabel

Ts : kehilangan tenaga di putaran mesin 3000 di semua perseneling,kadang mesin mati beberapa lama bs distatef kembali
Solusi : indikasi tersebut mengarah ke lemah nya fuelpump segera ganti dinamo fuelpump sebelum mati total,sebaiknya isi bensin sebelum 1/4 tangki pastikan tangku bensin selalu pada level 1/2  tangki kebiasaan isi bensin dibawah 1/2 tangku berakibat motor fuelpump tidak terendam karena bensin berfungsi juga sebagai pendingin motor fuelpump.

Ts : mesin pincang
Solusi : cek pengapian busi no 1 ( paling depan ) dan no 4 apabila saat mesin nenyala ke dua kabel busi no 1 dan 4 di cabut dan dipasang  tidak berpengaruh,cek sikring no 24 bila sokring putus terjadi konsleting biasanya penyebabnya menempelnya kabel fuelpump di knalpot selanjutnya ganti icm dan koil,apabila tidak terdapat sikring yg putus maka hanya icm yg mati.

Demikian uraian singkat gejala2 teoubleshoot paa blazer semoga bermanfaat.keep safety riding
 Hubungi kami untuk konsultasi seputar chevrolet di :
 PRM
 (021) 29308489
pin bb   56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

40 komentar:

  1. Mohon info om,kebo sy dohc 97,jarum penunjuk bbm di spedometer kok naik turun kenapa ya. Masih bs di perbaiki ato mesti ganti. Sm satu lg penunjuk odometer gak mau gerak,padahal jarum penunjuk kecepatan normal,kira² apanya yg perlu di perbaiki.maturnuwun infonya salam dr Blitar

    BalasHapus
  2. Mohon info om,kebo sy dohc 97,jarum penunjuk bbm di spedometer kok naik turun kenapa ya. Masih bs di perbaiki ato mesti ganti. Sm satu lg penunjuk odometer gak mau gerak,padahal jarum penunjuk kecepatan normal,kira² apanya yg perlu di perbaiki.maturnuwun infonya salam dr Blitar

    BalasHapus
  3. Jarum.bbm di speedo memang dinamis bergerak mengikuti kondisi jalan karena pelampung didalam tangki mengikuti gelombang bensin,terkecuali klo saat kita injak pedal gas,jarum bbm ikut naik..kerusakan ada di sender/ sensor level meter di rumah pompa bensin..penyebab lain nya kurang massa

    BalasHapus
  4. Jarum.bbm di speedo memang dinamis bergerak mengikuti kondisi jalan karena pelampung didalam tangki mengikuti gelombang bensin,terkecuali klo saat kita injak pedal gas,jarum bbm ikut naik..kerusakan ada di sender/ sensor level meter di rumah pompa bensin..penyebab lain nya kurang massa

    BalasHapus
  5. Maaf om mohon pencerahan, blazer saya samba thn 2002, mesin brebet halus di putaran mesin 1800 hingga 2500 rpm, dan akan terasa brebetnya klo gas spontan di bejek, tetapi saat selang yg nenuju sensor MAP di lepas brebet tersebut hilang, dan hanya terasa sedikit di kala gas di bejek dengan spontan. Pertanyaannya, apakah dengan mengganti MAP permasalahan tersebut akan hilang? Atau ada kompenen lain yg harus di ganti? mohon pencerahannya untuk permasalahan di blazer saya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek selang map sensor,dari beberapa kasus penyebabnya selang map sensor yg sudah getas itu gejala umum...gejala yg jarang terjadi map sensor tewas, disertai sensor TPS juga tewas...coba di pastikan dulu apa sensor TPS yg bermasalah atau MAP sensor...utuk map sensor harga yg termurah bisa pakai punya mobil timor sebagai part subsitusi

      Hapus
    2. coba cek selang map sensor,dari beberapa kasus penyebabnya selang map sensor yg sudah getas itu gejala umum...gejala yg jarang terjadi map sensor tewas, disertai sensor TPS juga tewas...coba di pastikan dulu apa sensor TPS yg bermasalah atau MAP sensor...utuk map sensor harga yg termurah bisa pakai punya mobil timor sebagai part subsitusi

      Hapus
  6. sensor tps bisa di perbaiki kah? ada substitusi kah bos?

    BalasHapus
  7. brader, mau tanya nih kok blazer saya kehabisan bensin terus di isi bensin lagi susah nyala nya ya?? mohon infonnya dong cara cepat agar blazer saya nyala kembali. thanks brader

    BalasHapus
  8. maaf mau tanya.. blazer 1999 mesin nyala , cuma klo dah jalan bentar diinjak pedal gas malah mesin mau mati, trus lampu indikatornya nyala,.. kira2 msalah dmn nya ya??? mohon solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punyaku jg nih.. Kmarin udah bersihkan filter bensin. Sembuh bentar.. Trus kambuh lg nih...Sptnya ada yg nyumbet gt.. Kyak telat bensin

      Hapus
  9. Maaf mas..saya punya opel blazer montera 2001..awalnya mulus saja dan tdk ada gangguan..setelah blazernya sudah di cuci mesin jadi pincang tapi lampu indikator tdk menyala..mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  10. Maaf mas..saya punya opel blazer montera 2001..awalnya mulus saja dan tdk ada gangguan..setelah blazernya sudah di cuci mesin jadi pincang tapi lampu indikator tdk menyala..mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Tolong kasi saran dong saya mw membli mobil blazer dohc tp saya ragu krn yg saya ingin kah mobil 3 baris apakah tipe dohc bisa jd 3 baris

    BalasHapus
  13. Mlm mas om sy baru dapet chevrolet blazer samba,door trim rusak semua tolong di bantu kalo ada part tsb..mts lombok

    BalasHapus
  14. Om klo udh tine up plus ganti IAC tp tetep aja rpm ga stabil knp ya? Apalagi klo nyalain AC rpm lgsg drop

    BalasHapus
  15. Selamat sore.mau tanya amper meter aki saat posisi on ada di 13.kalau sudah stater mesin di gas rpm 3000 jarum amper naik ke 14.tapi pada saat hidupkan ac.lampu.turun diangka 13.apakah altenator mengalami gangguan.tks

    BalasHapus
  16. Admin ....Rpm 4000 speednya 120 apakan normal ciri kampas kopling habis katanya bisa di lihat dari rpm dan speed... Mohon penjelasan

    BalasHapus
  17. Selamat malam mau tanya, saya punya blazer tahun 1996 tiba2 mati,ternyata bensin nya tidak naik karena pompa bensin ga berpungsi,setelah di cek ternyata gak ada setrum keluar,dimana letak jalur pusat setrum pompa bensin nya,,mohon pencerahan nya terimakasi

    BalasHapus
  18. ass wr wb.slamt sore smua sahabat poel blaze.mau tanya ni sama agan2 sy punya opel lagi ada masalah di engine tiba2 opel sy di start hidup 2 menit mati lagi kr2 masalahnya di bagian mana y gan tks

    BalasHapus
  19. MOHON MAAF MAS SY MAU TANYA SY PUNYA BLAZER TAHUN 2000 KENDALA YG SY ALAMI SKRG MOBIL LAGI JALAN BISA TIBA2 MATI SENDIRI BAIK KECEPATAN TINGGI BAHKAN LAGI DI PARKIR SKALIPUN
    DI DIAMKAN SEBENTAR SETELAH BEBERAPAKALI DI START MESIN NYALA LAGI KIRA2 JALAN 2 KILO METER MESIN MATI LAGI..
    MOHON PENCERAHAN NYA MAS...TRM KSH SEBELUMNYA..

    BalasHapus
  20. Mobil saya teganngantuk dan soket iac tdk ada jd saat di kontak ujung kepala iacbleser tdk bergerak apa penyebabnya ya bleser mohon pencerahanya

    BalasHapus
  21. mesin kebo ane pincang ane cek busi no 1&4 mati kaga kluar strum apa itu bener icm dan coil ya gan ?

    BalasHapus
  22. Mau tanya bos,klo ke empat businya tiba2 mati semua,sebelumnya hanya dua busi yg mati.i tu yg harus d ganti alat yg mana bos? Maaf baru kenal blazer. Area Tuban Jatim.makasih

    BalasHapus
  23. Om blazer sy taun 2000..udah ganti icm,koil,kabel busi..tapi busi no 1 ga keluar api..kira2 apanya om yg rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sm om kasus, kebo sy busi no.2 udh gnt icm, pencerahan nya master

      Hapus
  24. gan mau tanyak ni... kebo ane kalau di gas di rpm3000 kluar gambar engine dan ngeluarin suara ledakan ?
    tapi kalau di injak kopling normal
    mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus
  25. Om mhon bantuan ny kebo sya di starter kok susah hidup ya mohon pencerahan om trmksh

    BalasHapus
  26. saya baru beli opel blazer thn 96.
    apakan busi semua ada olinya ya?
    mohon pencerahanya.
    dan di gas itu drendet2 kadang di buka businya kabel businya ada yg rusak cuis sedikit emang.apakah berpengaruh

    BalasHapus
  27. Maaf mau tanya,kebo sy gk mau hidup busi tidak keluar strum

    BalasHapus
  28. Salam bang, maaf senor udara iac sudah di ganti baru tp cek engine nyala terus rpm naik tp jika ac di hidupkan cek engine padam, mohon pencerahanya tq

    BalasHapus
  29. Blazer saya pincang, pas dicek ternyata tdk ada percikan api pada busi 1 dan 3, mohon solusinya broo....

    BalasHapus
  30. Salam bang..mohon petunjuk serta arahan nya ..saya pakai blazer chevrolet blazwr doch 2003
    Saat ini kendala nya yaitu saat di injak gas..tenaga mesin ngak ada malahan mati ..mohon bantuan info arahan nya mas..

    BalasHapus
  31. Mohon maaf bang info saya punya mobil chevrolet tavera 2002 bensin jika speedo meter dan rpm tidak jalan jarum nya itu kendala nya dimana ya...oddo masih bisa angka normal dan jarum bbm normal...🙏

    BalasHapus
  32. Mohon infonya bos..kebo,saya selalu mati sebelum mati nyala helikopternya. Apa pengaruhnya dg kebo sya.apalagi klo sudah nyala tetangganya chegk apa itu????lngsung mati bos.tks,mohon infonya😀😀

    BalasHapus
  33. Mohon infonya bos..chevrolet tavera saya tiba tiba jarum rpm mati penyebabnya apa bos..mohon solusinya..terima kasih

    BalasHapus
  34. Assalammualaikum. Bang blazer saya indikator rpm, tidak terbaca. Kira2 apanya ya.

    BalasHapus
  35. Mohon pencerahannya om kebo saya blazer 96 DOHC rpm2,500 lampu engine menyala dan mesin langsung mati.. moho pencerahannya dan sensor apa kah yg perlu di ganti

    BalasHapus
  36. Om mau nanya om kebo saya DOHC th 96 setiap rpm2,500 kok mati ya om

    BalasHapus