Rabu, 16 Desember 2015

Beberapa penyebab panas mesin blazer sihc / dohc



Seringkali customer  yg datang ke workshop kecil kami di daerah pamulang tangerang selatan mengeluhkan temperatur mesin blazer yg tinggi/panas ( kinerja mesin normal tanpa jumper fan 80c-103c ) walau sudah melakukan jumper fan atau fan nyala 22nya pada saat ac on ( kondisi standar kipas hanya nyala 1 saat ac on dan kipas ke dua on saat temperatur mesin mencapai 103c ) karena bukan hanya 1x terjadi keluhan semacam ini,kami coba memberikan beberapa alur cek untuk menyelesaikan masalah / penyebab panas mesin pada blazer

1: selang- selang radiator dan mesin

cek kondisi selang-selang yg terhubung      ke radiator dan mesin apabila saat mesin menyala dan temperatur sudahbpada suhu kinerja optimal mesin ( 80c-103c ) cek selang2 dengan cara dipegang apabila semua selang panas maka bs dipastikan sirkulasi air berjalan atau bekerja tapi apabila ada salah satu selang yg dingin dibanding selang lain nya maka bs terjadi eyumbatan pada jalur sirkulasi air,lakukan pengecekan pada selang yg dingin tersebut

2. Radiator
Buka tutup reservoir ( warna tutup kuning) apabila keruh atau warna collant sudah berubah lbh pekat sudah saat nya ada kuras total cairan pendingin atau bila diperluka korok radiator / lakukan pembersihan bagian2 dalam kisi2 radiator ( sebaiknya dilakukan oleh ahlinya )

3. Water pump
Part bagian waterpump afalah part yg sering diabaikan kondisinya selain karena posisinya tersembunyi dan sulit untuk dilakukan pengecekan part ini juga bwrperan besar dalam proses pw dinginan mesin apabila part ini mwngalami kwrusakan seperti bilah2 kipas yg audah keropos maka sirkulasi air di water jacket mesin akan terganggu dan mengakibatkan panas mesi. Berlebih..

4.thermostat
Sama halnya seperti pada waterpump part satu ini sering luput dr pandangan mekanik karena posisinya yg tersembunyi namun akan berakibat fatal abaila terjadi kerusakan,di nlazer standar thermostat akan memuka katup pada suhu 90c dan mulai bekerja dengan melakukan sirkulasi pendingin dan akan tertutup kembali pada suhu dibawah 90c,apabila di meain anda part i.i audah dicopot efek nya tidak akan instan terasa pada jalanan yg cenderung datar dan kecepatan konstan,akan terasa saat anda melalui jalanan terjal dan kondisi jalanan yg macet karena cairan pendingin yg bersirkulasi di mesin panas semua dan akan sangat membebani kinerja waterpump dan radiator terutaa kipas/ fan, solusi terbaik ganti thermostat dengan suhu 82c custom kusus untuk blazer,part ini kami menyediakan nya silahkan kontak kami untuk mendapatkan nya.

5.elektrikal
Pada beberapa kasus yg pernah mekanik kita kerjakan semua kondisi perangkat dalam keadaan sangat baik hanya saja panas mesin tidak berubah selalu panas bahkan pada benerapa kasus cenderung menunjukan gejala overheat,setelah kita lakukan pengecekan ternyata fan kipas berputar lebih pelan dari standar seharusnya ( perbandingan dengan blazer normal ) kita lakukan pergantian dinoma fan dengan yg baru dan hasilnya nihil mesin dalam kondisi yg sama,setelah cek n ricek ditemukan penyebabnya karena kondisi kabel grounding yg sudah tidak maksimal maka kami ganti kabel ground custom 9.5mm hasilnya mesin kembali normal dan bekerja normal tanpa perlu melakukan jumper fan.

6.silinder head
Beberapa kasus panas ditimbulkan dr silinder head yg sudah di scrap / di papras  sekian mm ( toleransi aman maksimum 0.5mm) dengan di scrapnya silinder head maka jarak piston dan kubah akan semakin dekat dan berakibat naiknya kompresi mesin dr standar nya efek positifnya tenaga mesin akan berlimpah / terasa lebih bertenaga tapi efek negatif nya kinerja mesin semakin panas,solusinya tambahkan 1 atau 2 extra fan tambahan di bagian depan untuk membantu mendinginkan sirkulasi cairan pendingin

Dari beberapa kasus diatas semoga bs membantu dalam menyelesaikan masalah panas berlebih si mesin blazer anda.
Untuk info spare part dan info2 seputar blazer silahkan hub :

PRM ( panorama motor )

(021) 29308489
 pin bb  56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

21 komentar:

  1. Mohon pencerahannya saya punya cheprolet blazer dohc thn 2003 .temperatur mesin yang tampak didesbor tidak naik .tidak bergerak sedikitpun .padahan suit otomatis fan sudah nyala .apa masa temperatur yng ke desbor ada yny putus .mohon pencerahanya

    BalasHapus
  2. Tlng dibantu. Captiva saya thn 2007. Saat jalan +- 10 km. Saat mesin panas. Tenaga dan pedal gas tdk berfungsi. Sudah dilakukan pembersihan pompa minyak dan saringannya tetap juga saat mesin panas dan berjalan +-10 km. Pedal gas tdk bisa ditekan atau tdk berfungsi. Captiva 2007 matik. Tks ya bro

    BalasHapus
  3. Bos, Opel saya mungkin silinder headnya sdh di papan, kl panas gak ada tenaga, skrg olinya kyk susu , solusinya gimana bos, trims

    BalasHapus
  4. Kl olienya kaya susu berarti itu over head dan harus turun mesin separuh

    BalasHapus
  5. Mohon pencerahanya dan solusinya om,sy punya blazer 97,tdi nya injeksi sekarang ganti karbu,mesin cepet bngt panas,trus kl panas dia mbrebet trus mati,mohon solusinya om trimakasih

    BalasHapus
  6. Kalau oli kurang trus di tambah tapi hari kemudian knalpotnya gebul dan tarikan seperti ndat ndut ...kira kura kenapa ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info nya mas sy punya blazer dohc thn 2002 baru ganti waterpam tp ko temperator naik turun pdhl air radiator baru di isi tp pake air biasa bukan colan

      Hapus
  7. Informasi2 tsb diatas bisa dimengerti sangat membantu....Trmksh sharing nya

    BalasHapus
  8. Maaf Bang,Mohon ilmu nya ini blezer sy tahun2003. Baru baru ini itu radiator nya bermasalah dg jarak pendek sekitar 5km ajah air yg di tabung cadangan nya udah abis ajah hal imi ber ulang terus setiap saya ajak jalan kebo saya itu mohon pituah nya ya Bang

    BalasHapus
  9. Coba mesin hidupkan hingga panas, terus buka kap amati adakah tetesan air dari sambungan selang selang. Jika ada kencangi semua klemnya. Clem dibawah tabung reservoir rawan rusak, clem jepit ganti klem baut lebih kenceng cengkramnya

    BalasHapus
  10. Coba mesin hidupkan hingga panas, terus buka kap amati adakah tetesan air dari sambungan selang selang. Jika ada kencangi semua klemnya. Clem dibawah tabung reservoir rawan rusak, clem jepit ganti klem baut lebih kenceng cengkramnya

    BalasHapus
  11. Om Opel oftima saya panas udah di kuras ganti baru radiaotor tete panas loe macet penyakitnya knpa yaa

    BalasHapus
  12. kalo thermostat di lepas kayak punya taruna efi saya,bisa ngga?! soal nya pas udah di buka temperatur mesin jadi dingin...

    BalasHapus
  13. Fan mesin tidak berputar pada 103c ,apa yg harus di ganti.

    BalasHapus
  14. Mobil seperti ini tidak untuk iklim yg ad di indonesia dia cocoknya berada dinegara iklim dingin!

    BalasHapus