Sabtu, 19 Desember 2015

Penyebab tekanan oli drop pada opel / chevrolet blazer

Pernah di bikin panik pas liat meter tekanan oli drop sampai mendekati ambang batas / garis merah dan instrumen check gages nyala?,yuk kita bahas satu persatu apa saja penyebab tekanan oli drop.
Pada kondisi normal pertama kali mesin on / kondisi mesin dingin tekanan oli menunjukan angka 500kpa,setelah mesin mencapain suhu kerja mesin/ suhu mesin 80-103c tekanan normal 250kpa / min 125kpa di meter tekanan oli posisi 250kpa ada di tengah2 dan posisi 125kpa ada di setengah posisi 250kpa,

So apa yg menyebabkan tekanan oli drop? Tersangka pertama jenis oli yg tidak sesuai oli yg terlalu encer diusia mesin yg tidak.lagi muda bs jd biang menurun nya tekanan oli ,knp bs demikian? Pada usia mesin yg kilometer nya sudah diatas 100rb kilometer bagian2.mesin yg bergerak cepat akan mengalami aus, faktor aus ini menyisakan gap atau jarak antar part maka untuk melumasi dibutuhkan oli yg mampu bertahan pada gap atau celah2 yg kosong karena aus ( ini menurut newbie ni ya klo secara bahasa engineringnya saya g paham.maklum saya bukan mekanik hnya pengamat saja ).
 Jd oli tipe apa yg bagus buat mesin blazer? Secara merk bisa oli merk apa saja ( walau newbie pencinta merk oli bardhal ) yg harus disesuaikan adalah tingkat kekentalan nya dan usia mobil secara kilometer jalan, untuk usia mobil dengan kilometer diatas 100rb sebaiknya pakai sae 15/50 atau 20/50 dan jangan lupa setiap pergantian oli wajib ganti filter oli ori GM inget ori GM jangan kw atau yg tidak sesuai dengan.peruntukan nya,karena pada beberapa kasus ditemukan filter oli lumayan berperan pada merosotnya tekanan oli walau hanya kisaran 2-3garis tertera di meter tekanan oli...
*filter oli ori gm gunakan selalu filter ori gm bila di tempat anda kesulitan untuk memdapatkan part ini bisa menghubungi kami di nomer yg tertera di bagian akhir tread*

Maaf diselingi iklan hehe maklum newbie ini seller merangkap bloger merangkap hobby kebo lanjut...jd knp filter bs pengarug ke tekana oli? Konon katanya lubang2 di bagian dalam filter oli lah yg menyebabkan tekanan oli bs tertahan atau lancar jaya ,pada filter oli ori gm lubang2 filter ada 6 titik lubang seperti gambar dibawah

Pada filter kw rata2 hanya 4 lubang saja.
Selain oli dan filter oli beberapa part lain nya yg menjadi tersangka turunnya tekanan oli adalahhhhh jreng jreng.POMPA OLI
 Pompa oli berkerja untuk memopa oli dan menyalurkan / sirkulasi oli dari bak carter ke mesin bagian atas apabila ada kerusakan pd pompa oli sudab pasti akan berpengaruh besar pada tekanan oli,solusinya? GANTI BARU walaunpada beberapa bengkel ada yg bs melakukan service pompa oli lebih baik ganti baru,karena perbaikan pada pompa oli hanya bersifat sementara saja,bila di daerah anda sulit mendapatkan pompa oli,kami dengan gembira suka cita siap mengirimkan part pompa oli sampai di depan pintu rumah anda hub kami di nomer/pin bb / wa di agian akhir tread ini trims ( agak iklan )

Apa masih ada tersangka lain penyebab turunnya tekanan oli? Masih ada..
Tersangka berikutnya adalah metal jalan dan metal duduk berikut penampakan dan letak nya

* metal jalan ada di bagian bawah stang piston,di bagian tumpuan stang pada crangshaf/kruk as


*posisi metal duduk ada pada alur/ pangkon/dudukan crangshaf/kruk as di blok mesin bagian bawah

Khusus pada bagian metal jlan dan duduk ada gejala tambahan,ada bunyi tek tek tek seperti besi beradu di awal start mesin dan di saat mesin idle,gejala lain nya di rpm tinggi ada bunyi seperti bearing aus crek crek crek...dan akan hilang saat rpm turun jgang dibiarkan terlalu lama atau mengangap sepele apabila ada gejala2 tersebut resiko terburuk stang akan bengkok dan membuat lubang besar di blok.mesin bawah...resiko teringan metal akan meliapat dirinya sendiri dan menempel di kruk as bahasa awam nya GANCET ( wkwkwkw )
Penampakan metal GANCET
*Untuk bagian metal jalan duduk dan estimasi besaran biayaya yg dibutuhkan ,akan dibahas lebih terinci di tread berikut nya.*

Klo sudah gancet metal anda akan mengalami rogohan dompet terdalam.

Tersangka terakhir dr tread penyebab turun nya tekanan oli adalah : sensor swict oli letak sensor ini ada di areal pompa oli,fitnah kekejaman yg di timbulkan dr swict oli ini membuat stress owner,yg jelas klo swict error owner akan mikir harus turun mesin dll..siwct oli berfungsi sebagai sensor pembaca tekanan oli pada amper meter oli di spedo meter apabila part ini rusak atau error maka. Angka nya akan tidak akurat jd apabila mesin anda hening tidak ada bunty tek tek tek,oli muncrat lumayan deras saat mesin nyala dan tutup oli mesin dibuka,oli sudah pakai yg seharusnya....maka tersangkanya sudah pasti sensor meter oli / swict oli

Demikian ulasan2 ringan seputar penyebab2 turunnya tekanan oli pada blazer,mohon maaf apabila ada beberapa iklan terselip atau ada kalimat bahasan yg kurang lugas / jelas,untuk lebih detail mengenai tread ini atau ada spare par yg anda butuhkan silahkan kunjungi lapak kami di tokopedia dengan nama panorama motor atau menghubungi kami di nomer dibawah ini apabila ingin harga yg lebih kaya diskon dan ada pertanyaan seputaran tread terkait.trims

PRM ( panorama motor )
Spesialis chevrolet & opel

(021) 29308489
pin bb  56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

Kami.melayani panggilan storing / home service untuk areal jakarta/ tangerang/ depok / bogor untuk semua jenis chevrolet / mesin bensin ataupun diesel

21 komentar:

  1. Saya cm ba beli filter punya lova lubang 4 masalah ga ya?

    BalasHapus
  2. Konon si masalah ke tekanan oli....

    BalasHapus
  3. Konon si masalah ke tekanan oli....

    BalasHapus
  4. Siiip om,cucok untuk pedoman bagi
    pemula

    BalasHapus
  5. Siiip om,cucok untuk pedoman bagi
    pemula

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Mas ada jual sensor kruk as dan sensor throtle body gak?untuk chevrolet tavera LT

    BalasHapus
  8. beda Filter Oli GM Hitam dan Putih apa Om?

    BalasHapus
  9. Ada no kontak simpati nya bos?

    BalasHapus
  10. makasih om, infonya.. berlanjut konsul nih nih pengennya.. 😉

    BalasHapus
  11. Klu metal jalan dan metal duduk sudah baru,swict oil jg baru tp oil mento di 250 kpa,kemungkinan terbesar masalah dimana ya om

    BalasHapus
  12. Saya sudah ganti swicht oli dan tekanan olehnya masih di bawah 500 kok..mohon infonya gan...apa kira2 solusinya...terimakasih

    BalasHapus
  13. Saya kepengen ganti mesin ... apa ada untuk mobil montera 2005 soch...

    BalasHapus
  14. Jd setiap pergantian oli harus juga ganti filter oli ya?

    BalasHapus
  15. Gan mohon pencerahan...mengatasi oli tidak naik ke crankshaf gimana ya...ane baru selesai ganti ring piston, pas tes ternyata oli tidak naik ke crankshaft...padahal sebelum bongkar gak ada masalah

    BalasHapus
  16. Mohon pencerahan gan...kebo gw klo start pagi hari indikator oli di red zone, gw coba buka tutup oli mesin oli tdk muncrat, tp ketika si kebo diajak jalan 100m indikator baru naik..

    BalasHapus
  17. Mohon pencerahan Master..untuk bos klep blazer sohc yg cocok punya mobil apa??! .trims

    BalasHapus
  18. Klw untuk metal jalan sama metal duduk bagusnya menggunakan merk apa?

    BalasHapus