sudah sering sekali bengkel kami menerima captiva diesel dalam kondisi sangat memprihatin kan,usia secara tahun masih sangat muda masih dibawah 5 tahun,secara kilometer usia rata2 60rb KM sampai 100rb an km,dari sekian banyak kasus yg masuk yang paling sering adalah linier gentong atau linier piston yg bergelombang kenapa demikian ?
secara mudah nya begini, captiva bermesin diesel commonrail dengan standart emisi euro 4 dan 5 sementara bahan bakar yanga ada di indonesia tertinggi untuk solar masih euro 3,jadi apa korelasi bahan bakar dengan gentong nya linier piston?
jawaban nya OLI ya oli , mengapa demikian ?
linier adalah ruang bakar dimana terjadi proses perubahan cairan bbm menjadi energi,bahan bakar melalui proses kompresi piston setiap pergerakan piston menghasilkan gesekan tinggi antara pistn dan diding mesin atau linier pemanasan karena gesekan ini di minimalisir atau di redam oleh oli dan ,oli selain untuk melumasi setiap bagian mesin yg mengalami gesekan juga meredam panas
sementara bahan bakar solar memilki kadar sulfur yg berbeda beda setiap mesin pun punya kadar toleransi terhadap kadar sulfur berbeda beda nah korelasinya antara bahan bakar dan oli adalah menyusut nya atau berkurang nya kemampuan oli dalam meredam panas dan gesekan mesin yg di akibat kan oli tingginya kadar asam sulfur pada bahan bakar solar simple kan? seharusnya oli mampu meredam asam sulfur yg dihasilkan dari pembakaran di ruang bakar akan tetapi karena tingginya asam sulfur pada solar mengakibatkan oli cepat jenuh / kotor imbas nya asam sulfur yg tersisa dan tidak mampu di netralisir oleh oli mengerus dinding linier piston
lalu apa solusi dan cara pencegahan nya?
PERPENDeK USIA OLI ANDA, bila umumnya usia oli diesel masa kini di klaim mampu berusia hingga 10.000 KM ada baiknya ada menganti oli pada usia 4000-5000km,apakah ini menjamin akan menghantikan gentong pada mesin diesel jawabanya TIDAK, knp ? ini hanya langkah awal untuk mencegah karena ini semua hanya asumsi awal dari team kami dan berdasarkan pada penemuan di teman2 BMW bermesin diesel yang mengalami gejala linier piston gentong,beranjak dari hal tersebut lah kami berani berasumsi bahwa penyebab linier gentong pada diesel chevrolet adalah sama seperti hal nya pada mesin2 diesel lain nya,
so apa yg sebaiknya dilakukan bila mengalami linier gentong ?
ganti linier piston dengan mengunakan bahan yg lebih tahan pada asam sulfur mengunakan linier dari mobil lain dengan ukuran yang sama dan panjang yang sama.
( gambar : linier gentong bergaris putih cekungan bervariasi ada yg dalam dan bergelombang dan terkadang bisa di raba jari terkadang butuh alat khusus untuk mengukur nya )
semoga artikel ini bermanfaat
unuk info lebih lanjut mengenai mesin diesel chevrolet lain nya silah kan hub :
PRM
jalan raya puspitek pamulang tangerang selatan
087881574972
tapi yang sering kok c140 om kalo c100 kok lebih bandel
BalasHapussalam kenal mas Ginanjar
BalasHapus"ganti linier piston dengan mengunakan bahan yg lebih tahan pada asam sulfur mengunakan linier dari mobil lain dengan ukuran yang sama dan panjang yang sama."
BalasHapusLiner cylinder piston c140 itu sama dengan punya nya mobil apa ya om hikmat?
salam kenal dan advisenya
BalasHapusMerk Oli & spek apa yang dianjurkan untuk captiva diesel 2013 gan? Mohon pencerahannya
BalasHapusMerk Oli & spek apa yang dianjurkan untuk captiva diesel 2013 gan? Mohon pencerahannya
BalasHapusAku punya kadus ceprolet catipa ls hidupmati hidup mati apah punya pasal
BalasHapuskenapa mobil sekelas captiva tidak mrngalami gentong?
BalasHapusGanti material linear yg lebih kuat itu, ganti pake apa ya? Trus abis ganti linear tsb apakah gk akan terjadi gentong lg ?
BalasHapusOm tolong ap penyebabnya punya sya captiva thun 2011 distater gbisa hidup tpi klo dipancing sma bensin hidup tpi mati lgi padahal injektorya sdah servis kalibrasi normar
BalasHapus