beberapa minngu ini kami sedang mengerjakan proyek ganti mesin blazer dengan mesin sedan vauxhall astra matic yg pada dasarya adalah mesin yg sama dengan mesin yg digunakan pada blazer memang tidak 100% sama akan tetapi 100% identik dan bisa di gunakan di blazer
walau ada beberapa perubahan yg harus dilakukan untuk penyesuaian dikarena pada sedan vauxhall astra pengerak roda depan dan bertransmisi matic sementara blazer ber[engerak roda belakang manual. di tread ini akan kami bahas sedikit tentang apa saja dan berapa bugdet yg harus disiapkan untuk mengantu mesin dan memindah nomer mesin suapaya tetap terllihat legal
1.PENYESUAIN MESIN
mesin sedan astra vauxhall atau yg lebih populer disebut dengan kode mesin C22SEL
secara fisik mesin C22SEL sama dengan blazer tapi ada beberapa yg butuh di sesuakain agar bisa di pasang di kap mesin blazer
bak carter bawah mesin C22SEL tidak bisa di gunakan di kap mesin blazer karena pada mesin C22SEL ada balancer peredam getaran yg sebetulnya sangat amat sayang tidak bisa digunakan seandainya bisa digunakan pastinya blazer akan sangat halus mesin nya dan lebih minim getaran hal ini dikarenakan linkage atau sumbu penopang idle arm dan pitman arm mentok dan menabrak ke bak carter yg berisi balancer sebetulnya bisa saya di akali hanya akan tambah banyak dana yg keluar solusinya balcancer dicopot dan hanya mengunakan bak carter oli mesin asli blazer.
deepstik oli
posisis deepstik oli pada mesinC22SEL ada di bagian depan sementara blazer ada di bagian belakang,jadi akan menghalangi posisi kompresor ac,karena pada blazer posisi tersebut tempat kompresor ac terpasang.solusinya lubang deepstik oli di tutup mengunakan baut yg berukuran sama dengan lubang tersebut atau bawa ke bengkel bubut dan minta di tutup permanen.tongkat deepstick mesin blazer yg aslinya tetap digunakan dan dipindah ke posisi lubang belakang untuk ha ini tidak perlu mengubah apapun karena sudah ada dudukan nya.pompa power stering
pada mesin C22SEL posisi pompa powerstering ada di sebelah kiri sebetulnya sayang bila tidak dipakai akan tetapi memang sangat berbeda copot dan simpam saja atau dijual pada penguna spin atau captiva karena sama dengan 2 kendaraan tersebut
pompa oli
secara fisik pompa oli mesin C22SEL nyaris sama dengan sedikit sekali perbedaan,perbedaan nya ada pada ujung pipa oli yg terhubung ke bak oli bentuknya ;ebih lebar sebetulnya bisa di akali dengan cara leher nya di las akan tetapi kami lebih menyaran kan pompa oli C22SEL tidak usah dipakai dan lebih nyaman memakai pompa oli asli blazer karena ke depan nya anda akan kesuliatan mencari pompa oli yg pas untuk mesin C22SEL.
knock sensor
ncok sensor C22SEL berbeda denga knock sensor asli mesin blazer dan berbeda pada ukuran baut nya solusinya knock sensor asli blazer bawa ke tukang bubut dan sesuaikan ukuran baut nya dengan ukkuran lubang baut pada mesin.knock sensor part yg amat sangat jarang rusak jadi memodifikasi bagian part ini tidaklah terlalu masalah
trothle body dan rail injector + nozzle injector
karena adanya perbedaan torsi mesin dan bobot kendaraan maka sebaiknya mengunakan peragkat asllinya mesin blazer untuk trothle body sama saja dan bisa digunakan untuk rail injector sebaiknya menguunakan aslinya blazer .
demikian perubahan perubahan mendasar agar mmesin C22SEL agar bisa terpasang sempurna pada blazer anda lalu pertanyaan berikutnya mengenai bugdet dana yg harus disiapkan
untuk meminang mesin C22SEL masing2 importir akan menjual pada angka yg berbeda beda range anatra 8JUTA sampai 10juta all in mesin lengkap walau ada beberapa importir yg menjual diangka 6juta tapi sebaiknya ada cek kondisi mesin karena ada beberapa mesin yg sudah aus bahkan keropos pada bagian silinder head nya untuk hal ini sebaiknya anda langsung mendatangi gudang importir nya dan belah sendiri memsin nya atau biar ga repot silahkan telp kami di nomer tertera dibagian akhir tread jadi anda menerima mesin sudah dalam kondisi sangat baik denga kruk as standar siap pakai.
performa mesin
secara performa mesin mesin C22SEL lebih baik kenapa? bentuk piston pada mesin C22SEL lebih ramping dari piston asli pada meisn blazer lain dari itu piston mesin C22SEl lebih ringan yyg otomatis sedikit banyak akan mendongkrak performa mesin,sensasi hentakan nya agak berbeda dengan mesin asli blazer standar.saran saya untuk mesin C22SEL gunakan mesin yg asllinya mengunakan transmisi matic,karena pada mesin matic torsi mesin dirancang sedikit lebih besar mengingat ada faktor slip saat akan melaju.
no mesin kendaraan
ada bayak ke kwatiran mengenai nomer mesin karena menyangkut legalitas sebuah kendaraan di jalan raya,jangan kwatir mengenai legalitas kendaraan anda kita hidup di indonesia yg bagi orang indonesia tidak ada yg tidak mungkin dikerjakan ada beberapa opsi mengenai nomer mesin
1. menggunakan opsi mesin gendong istilah ini populer sebagai istilah simpam mesin lama anda pada saat perpanjangan pajak belilah blangkon kosong di samsat dan gesek mesin sendiri dirumah di memsin yg anda simpan
2. opsi kedua memindahkan no mesin lama blazer anda dengan cara memotongnya dan memindahkan ke mesin baru anda untuk opsi ini bengkel kami tidak bisa melakukannya mengingat ini adalah pekerjaan ilegal sbeetulnya tapi sah2 saja toh mesin yg terpasang bukan lah mesin hasil tindak kriminal memsin yg terpasang adalah mesin yg di impor resmi para importir melalui jalur batam ke jakarta. ada spealis yg biasa memindah kan no mesin kendaraan denga pegerjaan sangat rapih dan tidak terlihat sama skali perbedaan nya anatar sebelum dan sesudah nya. biaya pemindahan mesin berkisar 1.500.000 dengan pengerjaan selama 40 menit saja sebaiknya dilakukan pada saat meisn blm terpasang. silahkan googling untuk mencari para penyedia jasa pemindahan nomer mesin.
demikian tread mengenai pergantian mesin pada blazer semoga bermanfaat
untuk konsultasi dan pertanyaan seputar masalah mesin ataupun pemesanan spare part bisa hubungi kami pada nomer berikut
PRM ( panorama motor )
jln raya puspitek pamulang tangerang selatan
hp/wa : 087881574972
bb : d2a40dcd
manatap....
BalasHapusKlo vectra cocoknya mesin apa
BalasHapusKlo vectra cocoknya mesin apa
BalasHapusMesin lama pecah/meledak saat melintas di tol cipali, semua spare part rusak, saya ganti dgn harga 22 jt. Nomor lama dipotong dan dipasang pada mesin yg baru. Hasilnya bagus sekali. Mobil selalu melintas jawa dan bali.
BalasHapus