Sabtu, 21 Mei 2011

Tips Perawatan AC Mobil


Tips Perawatan AC Mobil :

1. Jagalah selalu kebersihan di dalam kabin dari debu dan kotoran. terutama pada bagian karpet yg di depan, karena akan tersedot ke dalam evaporator, sehingga terjadi jamur dan spora yg tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yang tidak enak bila pertama kali menghidupkan AC.

2. Pada saat mencuci mobil, buka kap mesin nya dan semprotkan air yg kencang (tapi bukan steam loh..cukup dgn tekanan air keran) pd bagian kondensor AC (posisinya di depan radiator) agar kotoran dan debu yg menempel bisa hilang, jika kotoran tsb di biarkan, lama-kelamaan akan mengeras, dan tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan korosi sehingga dapat menyebabkan kebocoran.

3.Pilihlah tempat parkir yg teduh jika parkir kendaraan untuk waktu yg cukup lama, karena kalau parkir di tempat panas, biasanya pada saat pengemudi masuk, ruang dalam kabin cukup panas, dan membutuhkan proses pendinginan yg cukup lama. Jika hal ini tidak bisa dihindari, sebaiknya sebelum menjalankan mobil, kaca jendela di buka terlebih dahulu utk mengeluarkan hawa panas tsb.

4. Periksalah Fan AC yang menempel di radiator, apakah berputar bila AC di nyalakan. Sebab bila tidak berputar, dapat mengakibatkan temperatur mobil meningkat drastis dan dapat mengakibatkan Kompresor AC cepat rusak atau Selang Highpress (selang karet hitam) bisa pecah.

5.Jangan membiasakan merokok di dalam mobil, karena asapnya bisa ikut terhisap ke dalam Evaporator dan mengotori Evaporator tsb, dan juga zat nikotin yang lengket dapat menyebabkan lendir dan menimbulkan bau yg tidak sedap.

6.Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menyalakan mesin, matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil, baru AC di nyalakan. Begitu pula sebaliknya, matikan ac terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil.

8 Jangan memakai pengharum ruangan yg mutunya kurang jelas, sebab akan menimbulkan bau yg sulit untuk dibersihkan. Dan juga, jika ingin memakai pengharum model colok/gantung, pilih yg tidak terlalu berat dan pas dengan grill AC, sebab apabila Grill patah, sulit diperoleh di pasaran.

9. Service rutin AC mobil anda, minimal 6 bulan atau maksimal 1 th , untuk penggantian Oli kompresor , Ekspansi dan Receiver Dryer, bisa membuat kompresor AC mobil anda awet dan tahan lama.

by IGN ROSENO ( BOC )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar