Kamis, 05 Mei 2011

Modifikasi blazer > 4 x 4


Konsep dasar Modifikasi blazer standard menjadi 4 x 4 tanpa mengganti engine.
Baca comment pertama :
mohon di revisi dan di sempurnakan oleh sabat BOC.

Pada dasarnya semua mobil bisa memakai system penggerak 4WD apapun jenisnya, apalagi blazer yg memenuhi syarat untuk itu wlw hrs byk yg di rubah dan korbankan. Pada session kali ini deskripsi sy dengan bahasa yg mudah di mengerti agar mudah... di cerna oleh semua.

Berikut langkah - langkah mudah dan sederhana.

1 . Membuat dudukan untuk garadan dgn plat yg di las ke sasis di bawah engine, Engine di naikan 25cm menonjol keatas, kap mesin di lobangi dgn gaya ( bisa di modivikasi seb rongga udara engine ) engine tegak presisi tetap pada posisi semula dgn menambah dudukan engine mounting lebih tinggi. Perangkat lain yg berhubungan dan mesin di sambung :
A . Knalpot ( manipol )
b . Slang bahan bakar
c . Slang power stering
d . Bberapa cable dll

2 . butuh body lift untuk memudahkan ruang kerja mekanik agar leluasa bekerja.

3. Turunkan roda depan berikut dudukan cakram dan menggantinya dengan punya chevrolet troper rakitan thn 92 ( sekken 1 set dgn perseneleng ) karna sudah di lengkapi dengan as penggerak roda depan yg tersambung ke gearbox gardan depan.

4 . Membuat dudukan gardan yg di Las ke sasis dan di sesuaikan dgn kebutuhan, namun sasis sedikit di bobok u up / down gerak as apabila di medan terjal.

5 . Setelah gardan terpasang mulai membobol lantai tepat diantara kaki penumpang blakang ( resiko menggelembung setengah lingkar ) untuk ruang perseneleng, bagi yg memakai consol box terpaksa tdk terpakai lg karna untuk ruang tuas perseneleng 4x4.

6 . Yang harus di perhatikan extra adalah teknik modifikasi dudukan engin , gearbok , kwalitas Las dan plat ( jgn sekali2 membasuh besi yg di las panas dgn cairan apapun karna besi akan berubah zat menjadi Baja yg rentan patah )

7 . Las as hapel utama ke as cross join yg terdapat pd perseneleng ( di sesuaikan besi pipanya ) selanjutnya di las sesuaikan dr out as hapel ke gardan roda belakang.

8 . Pemasangan dudukan perseneleng atau gardan harus memakai masing2 engin mounting ukuran kecil ( bisa membuat di tukang bubut karet )
9 . Pakailah baud dan ring original, untuk menjamin kekuatan dlm pemasangan.
10 . Selamat mencoba apabila menemukan kesulitan bisa share lebih lanjut.

Itulah teknik dasar pembuatan blazer standar menjadi 4wd. Pengalaman kebo sy yg sudah di modifikasi tak di sangka disaat tanjakan terjal kebo terasa lebih dahsyat dan tangguh karna kebo identik dgn putaran tinggi sehingga menghasilkan akselerasi tenanga yg besar .

Blazer Online Community

by. Radja Blazerdryne

9 komentar:

  1. Thanks Om Artikelnya.

    Bengkel yang bisa melakukan upgrade di mana dan brp kisaran biayanya?

    Salam Blazerian
    Inal

    BalasHapus
  2. Kok rumit ya, harus menaikkan mesin saja sdh rumit begitu, belum las sana-sini.
    Kayaknya mending beli Trooper 4x4 dikasih body Blazer...:d

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk juga
      tapi kaki kaki dan sasis jelas kokoh si blazer

      Hapus
    2. masuk juga
      tapi kaki kaki dan sasis jelas kokoh si blazer

      Hapus
  3. Kayak gini habis biaya berapa Om?

    BalasHapus
  4. saya rencana beli blazer...yg sy ingin tanyakan..apakah ketersediaan suku cadang di sulawesi tenggara kota kendari masih tersedia

    BalasHapus
  5. Final gear opel blazeer apa benar 7:36..,makasih

    BalasHapus
  6. Mau tny mas, klo blazer dirubah jd 4x4, transfercase yg dipake yg modelnya PnP / alias tinggal pasang tanpa perlu ubah, pake dr bawaan mobil apa ?

    Apakah bisa menggunakan pny trooper ?

    BalasHapus