Minggu, 24 Januari 2016

daftar harga spare part blazer

daftar harga 2015 -2016 yang  tertera dibawah ini bisa berubah sewaktu waktu,bergantung ketersediaan stock,nilai dolar DLL sebaiknya konfirmasi via nomer yang tertera di bagian akhir tread ini trims


part bagian kaki - kaki

baljoint atas ori RP.300.000 /pcs
baljjoint atas kw RP.225.000/pcs
baljoint bawah ori Rp. 350.000
baljoint bawah kw Rp.225.000/pcs
teirod set ( panjang + pendek ) Rp. 475.000 (inotech )
tierod set panjang + pendek Rp.375.000 ( D-five )
idle arm ori Gm  Rp.475.000
idle arm kw Rp 285.000
pitman arm ori Rp.400.000
pitman arm kw Rp.250.000
bearing roda Rp.200.000 ( untuk 1 roda = 2 bearing kecil besar )
link age center ori GM Rp 1.000.000
bushing upper arm Rp.115.000 ( inoteq/kocap )
kampas rem depan /brake shoes Rp.350.000 - Rp 450.000
kampas rem belakang Rp 450.000
kawat handle rem /kable hand rem Rp.275.000
discbrake /cakram depan blazer Rp.1.800.000 / sepasang kanan kiri
part sensor dan pengapian 

sensor ckp ori GM Rp.750.000
sensor Ckp kw Rp.300.000
Map sensor ori gm RP 600.000
speed sensor Rp.750.000
icm . CDi merk huco Rp.400.000
koil ori GM 750.000
koil kw Rp.450.000 
kabel busi beru fullset Rp.300.000


part slow move & mesin

paking silinder head / deksel Rp 275.000
paking fullset mesin atas dan bawah berikut seal  Rp.700.000
ring piston semua ukuran Rp.675.000
piston semua ukuran Rp.1.300.000 (  4 piston )
metal jalan Rp.550.000
metal duduk Rp,650.000
blok mesin bawah kosongan tanpa isi kondisi baru Rp 1.700.000
blok mesin bawah lengkap berikut isi ( psiton,kruk as,stang ) Rp.7.000.000
blok mesin fullset kondisi baru SOHC Rp.22.000.000
pompa oli ori GM Rp.1.300.000
pompa oli oem Rp 950.000
water pump Rp.375.000
radiator 1.250.000
dinamo kipas radiator Rp.550.000 ( made in canada )
dinamo kipas radiator Rp.350.000 ( falcom )
dinamo fuelpump Rp.350.000 - 550.000
tabung reservoir air radiator Rp350.000 - 650.000
tutup tabung reservoir Rp 100.000 - 150.000
timingbelt dohc Rp.365.000
timing belt Sohc Rp.350.000
filter oli ori gm Rp.60.000
fiulter bensin Rp.135.000
filter udara Rp.150.000
fanbelt ori GM Rp 195.000
center pulley fanbelt Rp.125.000
tensionet fanbelt Rp.125.000
tensioner timing belt SOHC ori GM Rp.525.000
tensioner timing belt DOHC ori GM Rp.395.000
roller timing belt DOHC ori GM Rp.595.000 / pcs

asesoris
dashboard ori GM baru Rp.2.900.000
kokpit ori gm Rp 1.500.000
consolebox ori Gm Rp.1.500.000
wood panel ori gm fullset Rp.2.600.000


harga tidak menggikat harga hanya sebagai estimasi kasar belum nett untuk harga lebih valid silahkan hubungi kami Di :

PRM 
021 -29308489
087881574972
wa :085780406622
pin bb : 56c2cbd2

Jumat, 22 Januari 2016

SOHC VS DOHC

buat yg akan meminang blazer pasti di binggungkan dengan pilihan antara sohc montera apa dohc atau dohc LT tread kali ini akan membahas secara mendalam mengenai perbedaan kedua jenis blazer tersebut lengkap beserta varian2 nya.
semenjak pertama kali blazer dipasarkan dari tahun 1996 sampai tahun 2006 ada banyak jenis dan varian blazer berikut varian dan jenis2 blazer yg beredar.

Blazer Dohc / Dohc LT

mesin : 2200cc,Dohc 16valve,transmisi manual 5 kecepatan

penampakan mesin :



EXTERIOR :



gambar pertama adalah tipe blazer dohc generasi pertama tahun 1996 sampai 1998 
gambar kedua tipe blazer dohc generasi ke dua tahun 2000 sampai 2004
gambar ke 3 tipe blazer generasi ke tiga tahun 2004 sampai 2006

INTERIOR  

BLAZER DOHC / LT 1996 - 2004



BLAZER DOHC LT 2006




untuk interior ada 2 jenis pilihan untuk tahun 1996 samapi 2004 interior berwarna abu2 untuk tipe dohc standar blm dilingkapi wood panel sementara untuk tipe LT sudah dilengkapi wood panel,untuk interior tahun 2004 - 2006 interior berwarna baige terkesan lebih mewah dan elegan.


MONTERA SOHC

tipe ini paling banyak jenis varian nya ada montera sport,montera Sli,montera LS.montera LV dan montera XR 

dari varian keluarga montera yg paling mewah dan tertinggi adalah varian montera XR
berikut penampakan montera dari exterior

MONTERA SLi


MONTERA SPORT

MONTERA XR

untuk jenis montera Sli mesin sohc 2200cc dengan interior sama dengan DOHC minus console box kokpit dan lugage
,montera sport mesin dohc 2200cc interior montera standar
  montera XR mesin sohc 2200cc interior sama dengan jenis vortec atau jenis dohc 2004 keatas interior berwarna baige 


INTERIOR MONTERA STANDAR




 secara interior montera standar lebih minimalis dibanding tipe XR atau tipe DOHC LT jauh dari kesan mewah atau elegant tipe interior standar ada di jenis montera sport,LS dan LV

nah di medsos yg paling sering di bully ya montera tipe standar entah apa alasan bully bullyan ini  emang si buat becanda2an lucuc lucuan aja cm buat newbie yg baru terjun di blazer dan terlanjur meminang tipe montera standar akan sangat minder dengan bully2an di medsos.


KONSUMSI BBM SOHC VS DOHC.

secara exterior dan interior sedikit banyak sudah di bahas di atas lengkap berikut varian varian nya, pertanyaan selanjutnya soal lebih hemat mana si antara SOHC dan DOHC secara konsumsi BBM ? info hoax yg beredar adalah lebih hemat SOHC alasannya karena jumlah noken as dan klep sohc lebih sedikit dibandingkan dengan DOHC otomatis bensin yg masuk lebih sedikit,
fakta nya sekali lagi fakta nya tidak demikian konsumsi kedua tipe ini SAMA !!  klo pun ada perbedaan nya paling hanya 1 sendok teh saja catat ya 1 sendok teh saja hehehe..mitos lain nya perawatan SOHC lebih hemat dan lebih mudah di banding tipe DOHC fakta nya tidak demikiian cost yg dikeluarkan untuk pemeliharaan tipe sohc dan dohc adalah equal alias sami mawon

KELEBIHAN SOHC DIBANDING DOHC.

 kabar baiknya adalah tipe sohc punya sedikit kelebihan , di bandingkan DOHC yaitu apabila anda mengalami putus timing belt, sohc tidak mengalami bengkok klep seperti hal nya di dohc yg dikarenakan piston bertumbukan dengan klep, selain itu tipe sohc usia timing belt lebih panjang dibanding usia timing belt dohc ,usia timing belt sohc 60.000 KM sementara DOHC 30.000 KM

KETERSEDIAAN SPARE PART.

 pada dasarnya kedua tipe ini blok mesin bagian bawah sama yg membedakan hanya pada bagian silinder head dan piston & pada bagian sensor TPS dan trothle  lain dari itu seperti kaki2 fuelpump radiator sama semua.
 untuk ketersediaan sparet part pada tipe SOHC yg sudah mulai agak langka dan agak sulit di dapat adalah bagian silinder head,valve adjuster dan noken as, ketiga part tersebaut sangat2 sulit di dapat jadi klo anda akan meminang blazer dengan tipe mesin SOHC perhatikan bagian tersebut,sementara untuk stok part lain nya masih sangat melimpah dan banyak pilihan.

KEKURANGAN SOHC DIBANDING DOHC

secara kualitas material kelistrikan terutama relay dan soket2 sensor kualitas nya kurang begitu oke dibanding abang nya si DOHC penyakit umum dan menjadi epidemi di blazer tipe montera sohc adalah POWER DELAY ya begitu anda injak gas akan terasa ada delay antara injakan kaki dan raungan mesin walau delay sepersekian detik  agak menganggu ,
walau bisa di atasi dengan jampi2 mekanik tetap saja ada cost tambahan untuk menghilangkan delay tersebut,sementara di DOHC tidak terdapat epidemi POWER DELAY, kelemahan lain nya adalah soket injector yg sering mengalami osteoporosis alias kehilangan daya sehingga mesin pincang dikarenakan nozzle injector yg tidak berfungsi dengan seharusnya.penyebabnya kualitas kabel dan kualitas soket yg kurang oke dibanding abang nya si DOHC.

KESIMPULAN
jadi  untuk anda yg akan meminang blazer semoga uraian singkat tread ini membantu anda untuk memilih tipe blazer yg akan di pinang terlepas dari kelebihan dan kekurangan masing2 jenis tetap sediakan dana lebih untuk perbaikan minimal 3 juta sampai 9 juta dana tambahan untuk perbaikan walaupun saat anda akan membeli mobil di hembuskan bisikan siap turing tetap saja general cek up dan perbaikan / peremajaan dibutuhkan. salam.

*foto2 di ambil dari dokumen pribadi dan searching via google image.





Rabu, 20 Januari 2016

Mengenal gejala awal kerusakan pada blazer

Dear chevy lover,kali newbie bahas mengenali gejala2 awal kerusakan pada blazer baik pada mesin atau pun perangkat2 lain nya berikut dengan tindakan yg harus dilakukan

TS ( troubleshot ) : mesin tiba2 pincang asap buang knalpot pedih,bbm sangat boros,dan saat gas di tekan di rpm tinggi knalpot mengeluarkan asap hitam.
Solusi : cek selang pada bagian map sensor yg mengarah ke trothle body,selang vakum map sudah getas dan ada kebocoran ganti selang dengan mengunakan selang bensin motor dan ikat dengan braket.apabila masih blm normal maka kemungkinan besar map sensor bermasalah dan harus diganti,pada sebagian kasus jg ditemukan masalah pada soket map sensor.

Ts : Rpm mesin diatas 1000 rpm ( kondisi normal 900-1000rpm)
Solusi : lakukan pembersihan pada sensor iac biasanya tersumbat kotoran2,lakukan tune up secara berkala setiap 5rb -10rb km,bila tidak berhasil cek kondisi iac denan cara saat kontak on pegas iac dalam kondisi normal akan merespon memanjang,apabila sensor bekerja dengan baik akan tetapi mesin tetap di rpm yg tinggi cek sensor tps dan bukaan trothle biasanya pegas trothel bagian dalam bermasalah,apabila semua sudah dilakukan pengecekan dan berfungsi normal tapi tidak juga meredakan rpm mesin ,cek kabel sensor iac ukur mengunakan avo meter berapa tengangan arus yg dihasilkan apakah normal / kurang

Ts : mesin mati setiap injak kopling atau pedal rem saat mesin running
Solusi : lakukan pembersihan pd bagian speed sensor kotoran yg menumpuk mengangu kinerja speed sensor,bila tidak berhasil cek besaran arus di kabel yg terhubung dengan speed sensor apabila avometer menunjukan tengan berlebih,lakukan pengecekan pada ecu dan perangkat kabel

Ts : kehilangan tenaga di putaran mesin 3000 di semua perseneling,kadang mesin mati beberapa lama bs distatef kembali
Solusi : indikasi tersebut mengarah ke lemah nya fuelpump segera ganti dinamo fuelpump sebelum mati total,sebaiknya isi bensin sebelum 1/4 tangki pastikan tangku bensin selalu pada level 1/2  tangki kebiasaan isi bensin dibawah 1/2 tangku berakibat motor fuelpump tidak terendam karena bensin berfungsi juga sebagai pendingin motor fuelpump.

Ts : mesin pincang
Solusi : cek pengapian busi no 1 ( paling depan ) dan no 4 apabila saat mesin nenyala ke dua kabel busi no 1 dan 4 di cabut dan dipasang  tidak berpengaruh,cek sikring no 24 bila sokring putus terjadi konsleting biasanya penyebabnya menempelnya kabel fuelpump di knalpot selanjutnya ganti icm dan koil,apabila tidak terdapat sikring yg putus maka hanya icm yg mati.

Demikian uraian singkat gejala2 teoubleshoot paa blazer semoga bermanfaat.keep safety riding
 Hubungi kami untuk konsultasi seputar chevrolet di :
 PRM
 (021) 29308489
pin bb   56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

Senin, 18 Januari 2016

Memilih oli yg sesuai dengan mesin blazer anda

Oli mesin mempunyai begitu banyak merk ragam dan jenis dan terkadang membuat binggung kita sebagai penguna kendaraan untuk memilih oli yg tepat sesuai dengan kebutuhan mesin kita,untuk lebih jelas nya ada baiknya kita mengenal jenis2 oli sehingga kita bisa dengan tepat memilih oli untuk mesin terutama untuk blazer yg sudah masuk kategori mesin lelah alias mesin dengan kinerja lebih dari 100rb kilometer.


Fungsi Oli
Secara garis besar semua jenis oli bekerja untuk menjadi penyekat panas dan melapisi bagian2 mesin yg mengalami gesekan kerja seperti pada bagian2 yg berputar seperti noken as,kruk as,piston,stang dll,selain berfungsi mendinginkan dan mencegah panas berlebih karena proses gesekan dan pembakaran oli juga mampu meminimalisor aus yg terjadi karena gesekan2 pada setiap komponen mesin.

Jenis-jenis oli
Oli mineral terbuat dari oli dasar ( base oil ) yang diambil dari minyak bumi yang telah diolah dan disempurnakan dan ditambah dengan zat - zat aditif untuk meningkatkan kemampuan dan fungsinya.
Oli sintetis Oli Sintetis biasanya terdiri atasPolyalphaolifins yang datang dari bagian terbersih dari pemilahan dari oli mineral, yakni gas. Senyawa ini kemudian dicampur dengan oli mineral. Inilah mengapa oli sintetis bisa dicampur dengan oli mineral dan sebaliknya. Basis yang paling stabil adalahpolyol-ester (bukan bahan baju polyester), yang paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan bahan lain. Oli sintetis cenderung tidak mengandung bahan karbon reaktif,senyawa yang sangat tidak bagus untuk oli karena cenderung bergabung dengan oksigensehingga menghasilkan acid (asam). Pada dasarnya, oli sintetis didesain untuk menghasilkan kinerja yang lebih efektif dibandingkan dengan oli mineral.



Kekentalan merupakan salah satu unsur kandungan oli paling rawan karena berkaitan dengan ketebalan oli atau seberapa besar resistensinya untuk mengalir. Kekentalan oli langsung berkaitan dengan sejauh mana oli berfungsi sebagai pelumas sekaligus pelindung benturan antar permukaan logam.
Oli harus mengalir ketika suhu mesin atau temperatur ambient. Mengalir secara cukup agar terjamin pasokannya ke komponen-komponen yang bergerak. Semakin kental oli, maka lapisan yang ditimbulkan menjadi lebih kental. Lapisan halus pada oli kental memberi kemampuan ekstra menyapu atau membersihkan permukaan logam yang terlumasi. Sebaliknya oli yang terlalu tebal akan memberi resitensi berlebih mengalirkan oli pada temperatur rendah sehingga mengganggu jalannya pelumasan ke komponen yang dibutuhkan. Untuk itu, oli harus memiliki kekentalan lebih tepat pada temperatur tertinggi atau temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.
Dengan demikian, oli memiliki grade (derajat) tersendiri yang diatur oleh Society of Automotive Engineers (SAE). Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti 5W (Winter) menunjukkan pada suhu dingin oli bekerja pada kekentalan 5 dan pada suhu terpanas akan bekerja pada kekentalan 30.
Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai permintaan mesin. Umumnya, mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5W-30 . Karena mesin belakangan lebih sophisticated sehingga kerapatan antar komponen makin tipis dan juga banyak celah-celah kecil yang hanya bisa dilalui oleh oli encer. Tak baik menggunakan oli kental (20W-50) pada mesin seperti ini karena akan mengganggu debit aliran oli pada mesin dan butuh semprotan lebih tinggi.
Untuk mesin lebih tua, clearance bearing lebih besar sehingga mengizinkan pemakaian oli kental untuk menjaga tekanan oli normal dan menyediakan lapisan film cukup untuk bearing.
Sebagai contoh di bawah ini adalah tipe Viskositas dan ambien temperatur dalam derajat Celcius yang biasa digunakan sebagai standar oli di berbagai negara/kawasan.
  1. 5W-30 untuk cuaca dingin seperti diSwedia
  2. 10W-30 untuk iklim sedang seperti di kawasan Inggris
  3. 15W-30 untuk Cuaca panas seperti di kawasan Indonesia

Kualitas oli disimbolkan oleh API (American Petroleum Institute). Simbol terakhir SL mulai diperkenalkan 1 Juli 2001. Walau begitu, simbol makin baru tetap bisa dipakai untuk kategori sebelumnya. Seperti API SJ baik untuk SH, SG, SF dan seterusnya. Sebaliknya jika mesin kendaraan menuntut SJ maka tidak bisa menggunakan tipe SH karena mesin tidak akan mendapatkan proteksi maksimal sebab oli SH didesain untuk mesin yang lebih lama.
Ada dua tipe API, S (Service) atau bisa juga (S) diartikan Spark-plug ignition (pakai busi) untuk mobil MPV 
Kode rating API mesin bensin berdasarkan mesin dan penyesuaian nya


Sunting

  • SN (Current)
Diperkenalkan pada 2004. Ditujukan untuk semua jenis mesin bensin yang ada pada saat ini. Oli ini didesain untuk memberikan resistensi oksidasi yang lebih baik, menjaga temperatur, perlindungan lebih baik terhadap keausan, dan mengontrol deposit lebih baik.
  • SL (Current)
Merupakan kategori terakhir sampai saat ini. Diperkenalkan pada 1 Juni 2001. Oli ini didesain untuk menjaga temperatur dan mengontrol deposit lebih baik. Juga bisa mengonsumsi oli lebih rendah. Beberapa oli ini juga cocok dengan spesifikasi terakhirILSAC sebagai Energy Conserving. Untuk mesin generasi 2004 atau sebelumnya
  • SJ (Current) : Diperkenalkan untuk mesin generasi 2001 atau lebih tua
  • SH (Obsolete): Untuk mesin generasi 1996 atau sebelumnya
  • SG (Obselete): Untuk mesin generasi 1993 atau sebelumnya
  • SF (Obsolete): Untuk mesin generasi 1988 atau sebelumnya
 Kesimpulan
Kesimpulan akhirnya adalah selalu gunakan oli jenis sintetis dengan rating api servis SH dan generasi diatas nya untuk mesin blazer anda sementara untuk tingkat kekentalan yg digunakan sebaiknya berdasarkan usia kilometer mesin bila mesin berusia diatas 100rb km sudah tentu gap atau celah aus antar komponen sudah lebih lebar maka sebaik nya gunakan kekentalan 15w/50 atau 20w/50 untuk meminimalisir gesekan dan meredam panas lebih baik..
Semiga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam menentukan oli ygvterbaik untuk mesin blazer anda.salam
( sumber artikel diolah dari berbagai sumber )

Selasa, 12 Januari 2016

Perbedaan spare part ori gm,oem,ori lokal dan kw

Dear chevy lover,kali ini newbie akan membahas perbedaan kuaifikasi spare part baik secara kelas,kualitas dan harga.
Kita kadang sering dihadapkan situasi sulit manakala akan melakukan perawatan kendaraan apalagi saat akan melakukan pergantian spare part biasanya mobil ngadat tidak pada waktu yg tepat alias dompet cekak mobil ngadat,mau ganti yg ori harganya lumayan mahal,mau pake yg kw kuatir dengan kualitas apalagi dipasaran ada banyak jenis merk dan harga yg ditawarkan berbeda-beda, yg ada malah menambah rumit drpd galau yuk kenali jenis2 spare part berdasarkan golongan nya.

Part Ori GM ( genuie part )

part ori/asli yg memang dibuat betul2 presisi dengan spek kendaraan,tentunya dengan kualitas yg terbaik dan lifetime yg lama,setiap part ori di kemasan nya akan dicantumkan barcode,part number,hologram dan logo resmi GM ( general motor ) seperti pd gambar dibawah ini




Secara harga part ori gm ditentukan oleh pihak GM setiap tahun ada update harga penyesuaian tergantung situasi,( biasanya faktor kurs rupiah ) besaran harga sudah tercantum di buku manual part katalog,jd setiap partshop/ bengkel tidak seenaknya menjual semaunya ada batasan harga tertinggi dan terendah,umunnya harga sparepart dr pihak GM ke pihak bengkel / partshop min diskon 20% dan max 22.5% sampai 30% ( yg terakhir ini jarang kecuali untuk part yg sangat2 jarang diganti dan stok berjubel.
Sementara dari pihak partshop/bengkel akan memberikan diskon ke customer/end user sebesar 5% ,10%,15% sampai max 20%  dari daftar harga tertera di part katalog ( sekali lagi patokan diskon bervariasi di setiap partshop/bengkel )




Jd untuk part ori gm sudah clear ya untuk asala usul harga,ciri2 dan penyebab adanya perbedaan harga di setiap partshop/bengkel
Lanjut....

PART ORI LOKAL

Untuk part satu ini banyak miss persepsi bahwa part ini adalah part buatan indo alias lokalan negeri sendiri,memang banyak persepsi yg beredar jd sebelumnya kita coba bahas, sebatas pemahaman newbie ya,maklum newbie baru bermain di spare part chevrolet baru dari tahun 2008 sampai sekarang blm usia yg lama jika dibanding rekan2 seprofesi lain nya.
Jadi part ori lokal biasanya hanya ada di kendaaran keluaran chevy yg usianya sudah diatas 15 tahun,knp begitu? Yak alasan nya nenurut cerita dan history dari engkoh2 yg lbh senior dari kita,pihak chevrolet / GM menjamin keberadaan spare part setiap jenis kendaran selama 10 sampai 15tahun,setelah massa itu pihak GM menyerahkan ke pihak ke 3 atau pabrikan pembuat nya untuk tetap mengedarkan atas lisensi GM, tentu saja kualifikasinya harus sesuai dengan standar GM,biasanya untuk part lokal dus nya berwarna putih dan tetap ada stiker logo,part number dll seperti halnya part ori lain nya,untuk harga biasanya part ori lokal lebih bersahabat dibanding part ori gm,misal contoh : idle arm ori gm blazer made in detroit usa berharga Rp 1.700.000; sementara untuk part yg sama buatan ori lokal GM made in taiwan,korea,thailand dll di bandrol harga Rp.450.000 sampai 600.000 ( bergantung partshop dan lokasi beda pulau beda harga).
Untuk kualitas tidak usah kwatir karena masih dalam standar GM untuk kualitas presisi walau kadang life time nya random dan tisak sekuat versi genuie asli amrik secara lifetime,biasanya yg versi ori lokal untuk part kaki2.

Part oem impor
Part yg satu ini hampir sama dengan part ori lokal yaitu part bikinan pabrikan pihak ke 3 dengan standar GM hanya saja part oem tidak disertai kemasa embel2 stiker GM,tapi dengan brand atau merk sendiri misal nya LUK...S.FA.L .. serflex.nissens.assy..dan lain2 secara harga sedikit lbh murah 20 sampai 50% dari ori gm versi genuie,dari sisi kualitas dan life time bisa dibilang baik kadang versi oem nya lbh baik dr versi ori lokal dan bahkan mendekati ori genuine.walau demikian versi oem dengan berbgai merk ini mudah dipalsukan dan banyak beredar versi cungko alias bikinan tiruan negeri cina dan dikemas dengan kardus serupa,jd percaya selalu pada seller/ partshop yg konsisten dengan kualitas karena walau bagaimanapun safety yg utama.

Part kw
Part yg satu ini identik dengan part diluar GM tapi sebetulnya part ini biasanya part hasil kreatifitas individu atau home industri atau bengkel bubut,biasanya part jenis ini kemasanya ala kadarnya bahkan tanpa kemasan sama sekali dan secara fisik serupa tapi secara ukuran biasanya selisih skian mm misal part engine mounting,karet2 dll ..

Jadi demikian uraian singkat mengenai jenis2 part berdasarkan kualitas,life time dan harga,jangan kuatir dengan part2 yg beredar dipasaran selalu kritislah dalam bertanya mengenai kualitas part yg akan anda beli,pahamilah secara detail apa yg anda butuhkan,dan yg terpentig jangan abaikan keselamatan.

Mengenai info yg lebih detail mengenai spare part dan kualitas nya silahkan hub kami di : 

PRM
( panorama motors ) 
(021) 29308489 
pin bb 56C2CBD2 
hp: 087881574972 / wa 085780406622

We Serve You better than good...





Senin, 11 Januari 2016

Perbandingan blazer & captiva kelebihan dan kekurangan




Bagi chevrolet lover yg sudah terlanjur cinta dengan brand yg satu ini,saat akan meminang mobil lagi maka pasti akan tertarik dan melirik chevrolet captiva dikarenakan ada kesamaan dna,ya sama2 Suv,sama2 tinggi dan sekelas...so admin akan coba mereview perbandingan antara blazer dan captiva baik dari sisi kenyamanan,safety,bugdet maintence,kekurangan2 dll.berdasarkan pengalaman pribadi selama melakukan perbaikan pada 2 mobil ini.

Captiva
Pertama kali keluar 2006 bermesin bensin 2400cc FWD atau pengerak roda depan 4x2,transmisi ada yg manual ( tipe ss ) atau matic triptonic 6kecepatan,tersedia 2 varian mesin,diesel 2000 cc dan bensin untuk tipe diesel ada versi 4x4 awd.
Untuk tipe bensin mesin sama persis dengan blazer hanya sedikit perbedaannya..selain berbeda cc mesin,jg berbeda di sensor EGR dan programin ecu..lain2 sama,saya sendiri pernah memakai blok mesin captiva di blazer saya fullset dr atas sampai bawah

Blok mesin dan silinder head yg terpasang di blazer

Biaya maintence captiva.
Karena termasuk dalam jajaran. Medium cars maka perawatannya bila dibanding blazer jauh lebih hemat blazer,sebagai contoh bearing roda blazer +/- 300rb sementara ccaptiva bearing kw.berikut knuckle 1.5jt untuk 1 roda, part ori nya 4jt an sekian.

Kekurangan captiva
Setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangan dan pasti ada kerusakan yg secara merata hampir terjadi,untuk di captiva terutama jenis bensin permasalahan ada di sistim elektrikal / wiring,sering sekali workshop kami menerima pasien dengan kasus elektrikal berupa terbakarnya fuseblok / rumah sikring


Fuseblock meleleh dan seluruh wiring engine lumpuh yg berinbas pada ecu dan sensor pnp

Penyebab seringnya fuseblok terbakar bervariasi mulai dr lalai nya mekanik untuk cek kekecangan skrup/ mur masa,sampai beban berlebih karena penambahan asesori yg berkaitan misal audio,lampu roofrack dll, solusinya untuk menghindari kelebihan beban pada fuseblok segera pasang kabel ground tambahan seperti pd gambar berikut


Kabel ground

Selain itu kualitas kabel yg ada di captiva tidak sebaik pada blazer baik secara fisik kabel maupin kemampuan kabel dalam menahan panas,jadi untuk anda yg berencana meminang captiva sebaiknya perhatikan bagian elektrikal satu ini,kerusakan pada bagian ini lumayan mahal anda harus merogoh kocek 7 sampai 15juta untuk kerusakan elekrikal wiring engine bergantung pada ada tidak nya kerusakan tambahan baik pada  ecu dan perangkat lain nya,
Untuk tipe diesel sebelum generasi facelift dan new facelift yg kadang sering ditemui adalah munculnya cekungan di liner piston klo bahasa mekanik kami liner ngantong imbasnya kompresi mesin akan drop dan oli selalu berkurang krn masuk ruang bakar,lain dr itu seringnya ada tetesan oli dr bagian mesin bawah dan masalah2 pada turbo,pada generasi2 selanjutnya hal2 diatas blm terjadi mungkin ada perbaikan dr pabrikan pada bagian tsb,
Dari sisi safety captiva lbh unggul karena ada nya perangkat airbag sementara di blazer blm ada.
Dr sisi interior kabin captiva dan blazer sama2 luas dan sama2 jok tengah bisa dilipat datar sehingga saat anda membutuhkan ruang lbh untuk bagasi ada ekstra bagasi yg luas selain bisa untuk tidur2an tanpa harus menekuk kaki alias selonjoran.


Interior captiva dan bagian bagasi saat jok tengah dilipat,ruang bagasi lbh luas.

Demikian sekilas review singkat captiva
Semoga bermanfaat untuk anda dalam mengambil keputusan untuk meminang nya.silahkan hub kami unruk perawatan chevrolet anda salam.

PRM
( panorama motor )

(021) 29308489
pin bb 56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

Sabtu, 02 Januari 2016

Estimasi biaya turun mesin blazer

Sering kali dibuat was2 saat harus turun mesin karena sama sekali g tau berapa biaya yg harus dikeluarkan,newbie ciba nikin estimasi harga berdasarkan jeNis kerusakan mesin dan nesaran dana yg dinutuhka,dengan catatan estimasi nukanlah estimasi yg 100% akurat sama,setiap daerah harga akan berbeda2 tergantung banyak faktor..

1.turun mesin separo / hanya silinder head

Biasanyabturun.mesin separo dilakukan karena beberapa  kasus seperti,overheat/mesin terlalu panas hingga klep bengkok,pergantian rutin paking2 silinder head per 5tahun,afa kebocoran pada seal klep sehingga oli masuk ruang bakar,pergantian klep,kompresi nyebrang karena paking silinder head sobek dll
Part yg dibutuhkan :
A.seal klep
B.paking silinder head
C.sealent
D.seal noken as
E.seal cover valve
F.seal intake & exhoust
Estimasi biayay apabila pergantian mencakup part A sampai F dengan part KW oem berikut jasa mekanik 1.500.000 sampai 2.500.000 untuk blazer tipe montera sohc.
Dan 2.000.000 - 3.000.000 untuk blazer tipe dohc, estimas waktu yg dibutuhkan 8jam kerja.

2.turun mesin full/ overhoul

Turun mesin full total dilakukan untuk kasus yg lebih berat seperti pergantian metal jalan metal duduk yg aus,pergantian piston dan stang piston, pergantiang crangshaf /kruk as,untuk kasus tertentu apabila biaya perbaikan di estimasi melebihi angka 8jt sebaiknya ambil opsi ganti mesin copotan separo mesin atau mesin fullset dengan kondisi lbh baik.
 Untuk pergantian metal jalan metal duduk + ring piston estimasi biaya yg dibutuh kan +/- Rp.6.000.000 - 7.000.000 sudahvtermasuk jasa mekanik biaya bengkel bubut dll,estimasi waktu pengerjaan 3-5hari kerja