Kamis, 24 Desember 2015

Akselarasi / tarikan awal blazer selambat kura2?

Bagi para penguna awal / newbie blazer pasti mengalami sedikit kecewa dengan.performa blazer yg lambat bagai kura2,terutama di RPM bawah ( 1000 -2500 ) dan perseneling yg pendek2, berikut jawaban ringkas nya

Rasio gigi  transmisi
Rasio gigi transmisi blazer termasuk rasio besar,keuntungan dari transmisi ber gigi rasio besar adalah  berjaya di jalanan terjal/ menanjak,dengan RPM rendah blazer mampu merayap di jalanan terjal tanpa bersusah2 injak gas dalam2,blazer memang di desain untuk jalanan terjal walaupun blm 4x4 tapi kemampuan dan rasio transmisi mumpuni untuk melibas jalanan offroad.


 *Main2 di sungai bukan hal yg sulit buat blazer walau blm 4x4,berkat mesin ber torsi besar + rasio transmisi besar.
**foto diambil dr dokumentasi rekan2 Bic 

TABEL RASIO TRANSMISI BLAZER

Jika dilihat dari tabel rasio transmisi bisa kita lihat dari gigi 1 dan 2 rasionya seperti rasio transmisi truk...sementara gigi 3 sampai 5 rasio sama seperti mobil2 lain nya

Berapa maksimum kecepatan blazer yg bs dicapai dengan kondisi mesin standar tanpa dirubah sama sekali?

* kecepatan maksimum yg bisa di dapat blazer dalam kondisi mesin standar hampir mendekati 170km/jam posisi gigi 5 dengan RPM 5600 ..
* * jangan dicoba bila anda tidak yakin dengan kondisi kendaraan anda ..safety first..


Sabtu, 19 Desember 2015

CHEVROLET & OPEL BLAZER INDONESIA : Penyebab tekanan oli drop pada opel / chevrolet blazer

CHEVROLET & OPEL BLAZER INDONESIA : Penyebab tekanan oli drop pada opel / chevrolet blazer

Penyebab tekanan oli drop pada opel / chevrolet blazer

Pernah di bikin panik pas liat meter tekanan oli drop sampai mendekati ambang batas / garis merah dan instrumen check gages nyala?,yuk kita bahas satu persatu apa saja penyebab tekanan oli drop.
Pada kondisi normal pertama kali mesin on / kondisi mesin dingin tekanan oli menunjukan angka 500kpa,setelah mesin mencapain suhu kerja mesin/ suhu mesin 80-103c tekanan normal 250kpa / min 125kpa di meter tekanan oli posisi 250kpa ada di tengah2 dan posisi 125kpa ada di setengah posisi 250kpa,

So apa yg menyebabkan tekanan oli drop? Tersangka pertama jenis oli yg tidak sesuai oli yg terlalu encer diusia mesin yg tidak.lagi muda bs jd biang menurun nya tekanan oli ,knp bs demikian? Pada usia mesin yg kilometer nya sudah diatas 100rb kilometer bagian2.mesin yg bergerak cepat akan mengalami aus, faktor aus ini menyisakan gap atau jarak antar part maka untuk melumasi dibutuhkan oli yg mampu bertahan pada gap atau celah2 yg kosong karena aus ( ini menurut newbie ni ya klo secara bahasa engineringnya saya g paham.maklum saya bukan mekanik hnya pengamat saja ).
 Jd oli tipe apa yg bagus buat mesin blazer? Secara merk bisa oli merk apa saja ( walau newbie pencinta merk oli bardhal ) yg harus disesuaikan adalah tingkat kekentalan nya dan usia mobil secara kilometer jalan, untuk usia mobil dengan kilometer diatas 100rb sebaiknya pakai sae 15/50 atau 20/50 dan jangan lupa setiap pergantian oli wajib ganti filter oli ori GM inget ori GM jangan kw atau yg tidak sesuai dengan.peruntukan nya,karena pada beberapa kasus ditemukan filter oli lumayan berperan pada merosotnya tekanan oli walau hanya kisaran 2-3garis tertera di meter tekanan oli...
*filter oli ori gm gunakan selalu filter ori gm bila di tempat anda kesulitan untuk memdapatkan part ini bisa menghubungi kami di nomer yg tertera di bagian akhir tread*

Maaf diselingi iklan hehe maklum newbie ini seller merangkap bloger merangkap hobby kebo lanjut...jd knp filter bs pengarug ke tekana oli? Konon katanya lubang2 di bagian dalam filter oli lah yg menyebabkan tekanan oli bs tertahan atau lancar jaya ,pada filter oli ori gm lubang2 filter ada 6 titik lubang seperti gambar dibawah

Pada filter kw rata2 hanya 4 lubang saja.
Selain oli dan filter oli beberapa part lain nya yg menjadi tersangka turunnya tekanan oli adalahhhhh jreng jreng.POMPA OLI
 Pompa oli berkerja untuk memopa oli dan menyalurkan / sirkulasi oli dari bak carter ke mesin bagian atas apabila ada kerusakan pd pompa oli sudab pasti akan berpengaruh besar pada tekanan oli,solusinya? GANTI BARU walaunpada beberapa bengkel ada yg bs melakukan service pompa oli lebih baik ganti baru,karena perbaikan pada pompa oli hanya bersifat sementara saja,bila di daerah anda sulit mendapatkan pompa oli,kami dengan gembira suka cita siap mengirimkan part pompa oli sampai di depan pintu rumah anda hub kami di nomer/pin bb / wa di agian akhir tread ini trims ( agak iklan )

Apa masih ada tersangka lain penyebab turunnya tekanan oli? Masih ada..
Tersangka berikutnya adalah metal jalan dan metal duduk berikut penampakan dan letak nya

* metal jalan ada di bagian bawah stang piston,di bagian tumpuan stang pada crangshaf/kruk as


*posisi metal duduk ada pada alur/ pangkon/dudukan crangshaf/kruk as di blok mesin bagian bawah

Khusus pada bagian metal jlan dan duduk ada gejala tambahan,ada bunyi tek tek tek seperti besi beradu di awal start mesin dan di saat mesin idle,gejala lain nya di rpm tinggi ada bunyi seperti bearing aus crek crek crek...dan akan hilang saat rpm turun jgang dibiarkan terlalu lama atau mengangap sepele apabila ada gejala2 tersebut resiko terburuk stang akan bengkok dan membuat lubang besar di blok.mesin bawah...resiko teringan metal akan meliapat dirinya sendiri dan menempel di kruk as bahasa awam nya GANCET ( wkwkwkw )
Penampakan metal GANCET
*Untuk bagian metal jalan duduk dan estimasi besaran biayaya yg dibutuhkan ,akan dibahas lebih terinci di tread berikut nya.*

Klo sudah gancet metal anda akan mengalami rogohan dompet terdalam.

Tersangka terakhir dr tread penyebab turun nya tekanan oli adalah : sensor swict oli letak sensor ini ada di areal pompa oli,fitnah kekejaman yg di timbulkan dr swict oli ini membuat stress owner,yg jelas klo swict error owner akan mikir harus turun mesin dll..siwct oli berfungsi sebagai sensor pembaca tekanan oli pada amper meter oli di spedo meter apabila part ini rusak atau error maka. Angka nya akan tidak akurat jd apabila mesin anda hening tidak ada bunty tek tek tek,oli muncrat lumayan deras saat mesin nyala dan tutup oli mesin dibuka,oli sudah pakai yg seharusnya....maka tersangkanya sudah pasti sensor meter oli / swict oli

Demikian ulasan2 ringan seputar penyebab2 turunnya tekanan oli pada blazer,mohon maaf apabila ada beberapa iklan terselip atau ada kalimat bahasan yg kurang lugas / jelas,untuk lebih detail mengenai tread ini atau ada spare par yg anda butuhkan silahkan kunjungi lapak kami di tokopedia dengan nama panorama motor atau menghubungi kami di nomer dibawah ini apabila ingin harga yg lebih kaya diskon dan ada pertanyaan seputaran tread terkait.trims

PRM ( panorama motor )
Spesialis chevrolet & opel

(021) 29308489
pin bb  56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622

Kami.melayani panggilan storing / home service untuk areal jakarta/ tangerang/ depok / bogor untuk semua jenis chevrolet / mesin bensin ataupun diesel

Kamis, 17 Desember 2015

cara menghemat bensin pada blazer

pertanyaan klasik yg selalu diajukan para penguna blazer baik yg baru punya blazer ataupun yg baru akan meminang blazer, pertanyaan simple dengan jawaban yg sangat sulit "bisa ga blazer dibuat lebih hemat bbm? ".......sebelumnya mari kita bahas hal apa saja yg menyebab kan konsumsi bbm pada blazer terasa lebih boros....

1.mesin
Kondisi mesin tidak sehat bisa menjadi biang kerok borosnya konsumsi bbm pada blazer,pada areal mesin ada beberapa hal yg menjadi penyebabnya antara lain :

A.injector
Kondisi injector yg berfungsi mengabutkan bensin menjadi butiran2 kecil untuk dimasukan keruang bakar tidak lagi bekerja baik ,penyebabnya bs dr kerak2 yg menghalangi lubang nozzle injector solusinya bisa dengan tune up dengan cara menyemprotkan foam dcs/injector cleaner
Pada nozzle injector ( untuk cara tune up DIY akan diposting di tread berikutnya )
Pada kasus yg lbh berat nozzle injector sudah tidak bs mengkabutkan bensin lg bahasa mekaniknya nozle kencing,solusinya ganti nozzle injector anda dengan nozzle yg baru.

*Kami juga menyediakan sparepart nozzle injector dengan harga terjangkau untuk harga silahkan hub kami di nomer yg tertera di akhir tread ini*

B. Ruang bakar
Selain pada injector penyebab2 lainnya adalah kerak karbon yg terakumulasi dan terkumpul di kepala piston,bisa karena  mengunakan bensin beroktan rendah bisa juga karena pembakaran yg tidak sempurna solusinya bs dilakukan dengan carbon cleaner atau tune up dengan memasukkan foam dcs / injector cleaner ke lubang busi,

C. Silinder head
Lubang2 Intake dan exhoust pada silinder head di setiap mobil berbeda2 kondisinya lubang2 intake dan exhoust satu dan lainnya biasanya akan berbeda bentuk dan dimensinya terutama lapisan kulit jeruk ada yg tebal dan cenderung menghalangi proses masuknya kabut bensin ke ruang bakar dan keluarnya sisa pembakaran dr exhoust,  walau masih jd perdebatan panjang melakukan perbaikan pada lubang2 intake dan exhoust dengan cara porthing polish / tuneup semi sport  akan berpengaruh pada konsumsi bbm dan kinerja mesin,sebagian mekanik berpendapat itu hoax dan mitos bla bla.
Tapi sepanjang yg pernah kami kerjakan di workshop kami semua proses porthing polish berhasil mengurangi konsumsi bbm walau tidak signifikan hal itu dibuktikan dengan konsumsi bbm sebelum dan sesudah dilakukan porthing polish dengan metode pengisian bensin full tank to full tank, selain itu performa mobil akan terdongkrak mesin lebih bertenaga,untuk bagian performa kami blm bs membukti kan secara real hanya berdasarkan testimoni owner saja karena untuk.pembuktian lbh realnya hanya bs dilakukan dengan test dyno untuk mengukur performa mesin sebelum dan sesudah porthing polish  secara keseluruhan dan akurat.
*lubang2 intake dilihat dr bagian dalam klep setelah proses porthig polish*

2.filter-filter
Filter bensin ataupun filter udara yg kotor sedikit banyak berpengaruh pada konsumsi bbm

3.Ban
Ukuran dan jenis ban akan berperan dalam konsumsi bbm terutama ban yg diluar rekomendasi sewajarnya misal an ukuran besar
4.elektrikal
Kondisi koil,busi,kabel dan perangkat sensor2 lain nya akan turut berpengaruh pada proses pembakaran untuk memastikannya cek warna busi apabila kepala busi hitam / basah dan berbau bensin maka bisa dipastikan pembakaran tidak sempurna

Btw pegel juga ya ngetik via hp, mohon maaf karena jempol sudah pegel senut2 tread bersambung

PRM
Spesialis chevrolet & opel
Menerima panggilan home service untuk areal jakarta,bogor,tangerang dan sekitarnya untuk areal lain nya silahkan hub kami.

(021) 29308489
pin bb  56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622



Kami juga melayani penjualan sparepart untuk semua jenis chevrolet dan opel bisa dikirim ke seluruh indonesia / kunjungi lapak kami di tokopedia : panorama motor
Atau hub kami secara langsung untuk harga termurah.




Rabu, 16 Desember 2015

Beberapa penyebab panas mesin blazer sihc / dohc



Seringkali customer  yg datang ke workshop kecil kami di daerah pamulang tangerang selatan mengeluhkan temperatur mesin blazer yg tinggi/panas ( kinerja mesin normal tanpa jumper fan 80c-103c ) walau sudah melakukan jumper fan atau fan nyala 22nya pada saat ac on ( kondisi standar kipas hanya nyala 1 saat ac on dan kipas ke dua on saat temperatur mesin mencapai 103c ) karena bukan hanya 1x terjadi keluhan semacam ini,kami coba memberikan beberapa alur cek untuk menyelesaikan masalah / penyebab panas mesin pada blazer

1: selang- selang radiator dan mesin

cek kondisi selang-selang yg terhubung      ke radiator dan mesin apabila saat mesin menyala dan temperatur sudahbpada suhu kinerja optimal mesin ( 80c-103c ) cek selang2 dengan cara dipegang apabila semua selang panas maka bs dipastikan sirkulasi air berjalan atau bekerja tapi apabila ada salah satu selang yg dingin dibanding selang lain nya maka bs terjadi eyumbatan pada jalur sirkulasi air,lakukan pengecekan pada selang yg dingin tersebut

2. Radiator
Buka tutup reservoir ( warna tutup kuning) apabila keruh atau warna collant sudah berubah lbh pekat sudah saat nya ada kuras total cairan pendingin atau bila diperluka korok radiator / lakukan pembersihan bagian2 dalam kisi2 radiator ( sebaiknya dilakukan oleh ahlinya )

3. Water pump
Part bagian waterpump afalah part yg sering diabaikan kondisinya selain karena posisinya tersembunyi dan sulit untuk dilakukan pengecekan part ini juga bwrperan besar dalam proses pw dinginan mesin apabila part ini mwngalami kwrusakan seperti bilah2 kipas yg audah keropos maka sirkulasi air di water jacket mesin akan terganggu dan mengakibatkan panas mesi. Berlebih..

4.thermostat
Sama halnya seperti pada waterpump part satu ini sering luput dr pandangan mekanik karena posisinya yg tersembunyi namun akan berakibat fatal abaila terjadi kerusakan,di nlazer standar thermostat akan memuka katup pada suhu 90c dan mulai bekerja dengan melakukan sirkulasi pendingin dan akan tertutup kembali pada suhu dibawah 90c,apabila di meain anda part i.i audah dicopot efek nya tidak akan instan terasa pada jalanan yg cenderung datar dan kecepatan konstan,akan terasa saat anda melalui jalanan terjal dan kondisi jalanan yg macet karena cairan pendingin yg bersirkulasi di mesin panas semua dan akan sangat membebani kinerja waterpump dan radiator terutaa kipas/ fan, solusi terbaik ganti thermostat dengan suhu 82c custom kusus untuk blazer,part ini kami menyediakan nya silahkan kontak kami untuk mendapatkan nya.

5.elektrikal
Pada beberapa kasus yg pernah mekanik kita kerjakan semua kondisi perangkat dalam keadaan sangat baik hanya saja panas mesin tidak berubah selalu panas bahkan pada benerapa kasus cenderung menunjukan gejala overheat,setelah kita lakukan pengecekan ternyata fan kipas berputar lebih pelan dari standar seharusnya ( perbandingan dengan blazer normal ) kita lakukan pergantian dinoma fan dengan yg baru dan hasilnya nihil mesin dalam kondisi yg sama,setelah cek n ricek ditemukan penyebabnya karena kondisi kabel grounding yg sudah tidak maksimal maka kami ganti kabel ground custom 9.5mm hasilnya mesin kembali normal dan bekerja normal tanpa perlu melakukan jumper fan.

6.silinder head
Beberapa kasus panas ditimbulkan dr silinder head yg sudah di scrap / di papras  sekian mm ( toleransi aman maksimum 0.5mm) dengan di scrapnya silinder head maka jarak piston dan kubah akan semakin dekat dan berakibat naiknya kompresi mesin dr standar nya efek positifnya tenaga mesin akan berlimpah / terasa lebih bertenaga tapi efek negatif nya kinerja mesin semakin panas,solusinya tambahkan 1 atau 2 extra fan tambahan di bagian depan untuk membantu mendinginkan sirkulasi cairan pendingin

Dari beberapa kasus diatas semoga bs membantu dalam menyelesaikan masalah panas berlebih si mesin blazer anda.
Untuk info spare part dan info2 seputar blazer silahkan hub :

PRM ( panorama motor )

(021) 29308489
 pin bb  56C2CBD2
hp: 087881574972 / wa 085780406622